Asesmen Sumatif Sekolah, SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Mengedepankan Nilai Kejujuran

Asesmen Sumatif Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Mengedepankan Nilai Kejujuran – Penilaian atau Asesmen Sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan Capaian Pembelajaran Siswa, Sebagai dasar penentuan kenaikan kelas atau kelulusan dari satuan pendidikan.


Senin 5 Juni 2023, SMA Muhammadiyah 3 Jakarta mulai melaksanakan Asesmen Sumatif Sekolah (ASS) dengan berbasis IT melalui Learning Management System (LMS) atau Muga Learning yang juga merupakan media pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta.
Berbeda dengan Sebelumnya, pelaksanaan Asesmen Sumatif kali ini, Muga Learning di desain khusus dengan menerapkan software Safe Exam Browser dalam pengerjaannya yang bertujuan untuk mengurangi kecurangan siswa ketika dipakai untuk ujian.

Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Ujian berbasis Komputer

Salah satu siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Alisha Shafa Amanda mengatakan ujian kali ini terasa berbeda karena saya lebih konsentrasi dengan baik, ketika saya mengerjakan soal saya tidak terganggu dengan aplikasi lainnya.

Bapak Febrianto, M.Pd (Staff Kurikulum) menjelaskan Pelaksanaan ujian kurang lengkap jika tidak ditambahkan fitur keamanan Safe Exam browser (SEB). SEB itu sendiri merupakan aplikasi keaamanan ujian, baik yang sifatnya kedinasan maupun tingkat sekolah sudah selalu menggunakan SEB SEBagai aplikasi pendukung ujian .


Penggunaan SEB dalam ujian daring memiliki beberapa alasan utama:

  1. Keamanan: SEB membantu mencegah siswa melakukan kecurangan atau penggunaan sumber daya eksternal selama ujian, seperti mencari jawaban di internet atau menggunakan program bantu.
  2. Perlindungan data: SEB melindungi data ujian dan mencegah pengguna lain yang tidak berwenang dari mengakses atau mencuri informasi ujian.
  3. Fokus: Dengan membatasi akses ke program atau aplikasi lain, SEB membantu siswa tetap fokus pada tugas ujian tanpa distraksi eksternal.
  4. Kesetaraan: SEB dapat membantu menciptakan pengalaman ujian yang adil dan setara bagi semua siswa dengan memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama ke sumber daya ujian.
  5. Penggunaan SEB merupakan bagian dari pembelajaran bagi siswa untuk menanamkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sehingga memiliki daya saing dan kualitas yang baik bagi dirinya sendiri.

SMA Muhammadiyah 3 Jakarta yang memiliki selogan School of Leadership dalam pembelajarannya selalu mengedepankan Nilai Kejujuran, diharapkan melalui Asesmen Sumatif ini nilai-nilai kejujuran akan lebih tumbuh dalam kepribadian siswa dan dapat diamalkan dengan baik nantinya. (RM)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *