Wonderful Of Batavia Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,

Dalam rangka melaksanakan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMA Muhammadiyah 3 Jakarta menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “WONDERFUL OF BATAVIA”. Wonderful Of Batavia adalah projek yang mengangkat kebudayaan Betawi sebagai kearifan lokal dimana sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jakarta berada. SMA Muhammadiyah 3 Jakarta memilih Tema Wonderful Of Batavia dengan harapan seluruh siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta mengenal lebih dekat dengan budaya asli asal sekolah mereka, dan mengenal budaya tempat dimana mereka tinggal yaitu di wilayah Jakarta dan sekitarnya

Acara dimulai dengan penampilan dari Komunitas Paduan Suara, lagu Jakarta dan Si Doel anak Sekolah membuat Bang Haji Mandra kagum akan penampilan tersebut karena “di era sekarang ini masih banyak anak muda yang mau melestarikan kebudayaan Betawi” ucap Bang Haji Mandra dalam sambutannya.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua Panitia agenda ini iaitu Bapak Satria Aji, S.Pd, memberikan harapan bahwasanya sebagai agenda pembukan rangkaian project P5 Wonderfull Of Batavia lebih dari sekedar agenda selebrasi semata melainkan merupakan agenda edukasi terkait kecintaan terhadap budaya Betawi untuk generasi muda masa kini.

Wonderful Batavia juga dihadiri oleh  Bapak Iwan Henry W (Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta), Purwosusilo (Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta), Bapak Achmad Said Matondang, ME,Sy (Ketua PCM Kebayoran baru), Bapak Syahrul Zamal, MM (Ketua Dikdasmen PCM Kebayoran Baru), Bapak Prof.Dr. Agus Suradika, M.Pd (Wakil ketua PWM DKI Jakarta, Bapak Dr. Edy Sukardi (Ketua PDM Jakarta Selatan), Bapak Drs. Slamet Wibowo, M.Pd (Pengawas JS 2), dan Perwakilan Abang None yang diwakili Oleh Abang Mahatir dan Mpo Virgi.

Kegiatan Wonderful of Batavia ini juga mengadakan Both Bazar yang menjual dagangan yang tentunya Khas Betawi, seperti makanan Betawi Asinan, Nasi Goreng Mengkudu, Es Slendang mayang, dan makanan lainnya. Tidak hanya makanan berbagai macam souvenir yang bertemakan Betawi juga ditawarkan para siswa kepada pengunjung yang hadir. Seluruh Tamu undangan yang hadir sempat mencoba dan merasakan langsung dagangan di Bazar Wonderful Of Batavia, Bang Mandra ketika di wawancara juga mengatakan “Bahwa makanan-makanan ini sudah sangat jarang, padahal makanan ini merupakan makanan sehat” ucap Bang Mandra ketika menjelaskan nasi goreng mengkudu.

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, Bapak Achmad Saifudin, S.Pd menjelaskan bahwa ini merupakan Hal yang harus didukung penuh karena para siswa belajar mengenal Budaya di Indonesia melalui proses pembelajaran yang menyenangkan dan pembelajaran ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan untuk anak-anak. Harapa kedepannya semoga Kegiatan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kedepannya bisa lebih baik dan membawa dampak positif untuk siswa-siswi SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. (RM)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *