Kunjungan ke Cairo Mesir

Kunjungan pada masa pandemi ke Universitas Al-Azhar Cairo membawa berkah tersendiri bagi pimpinan Limau Bendi School. Di mulai dari pengurusan visa ke mesir, tiket keberangkatan hingga pertemuan dengan tokoh-tokoh ulama Al-Azhar, mendapatkan kemudahan tanpa melalui birokrasi yang merepotkan dan cenderung menyusahkan. Ustaz Firdaus dan Ustaz Jamal yang memfasilitasi kegiatan ini menyatakan sangat bersyukur bahwa tokoh-tokoh ulama tersebut berkenan di kunjungi tanpa melalui birokrasi resmi. Bila mengikuti birokrasi resmi, tentu tidak akan secepat dan semudah ini mendapatkan kesempatan dan waktu untuk bertemu dengan mereka. Malah tokoh-tokoh dan ulama-ulama tersebut yang menawarkan tanpa perlu melalui sistem birokrasi yang menyulitkan tersebut. Ini adalah akhlak dari sebagian besar ulama-ulama dan tokoh agama di Mesir yang selalu ingin memberi kemudahan kepada orang lain.
Kunjungan diawali dengan menemui Direktur Urusan Mahasiswa Asing yaitu Dr. Fathi. Tim Limau Bendi School di terima dengan sangat ramah dan hangat. Ditengah kesibukannya melayani mahasiswa asing dari seluruh dunia, Dr. Fathi menyatakan bahwa Indonesia adalah penyumbang mahasiswa asing terbanyak di Al-Azhar. Selama menangani mahasiswa asing dari seluruh dunia, Dr. Fathi sangat terkesan dengan attitude dan sikap mahasiswa dari Indonesia. Mahasiswa dari Indonesia dikenal memiliki etika dan attitude yang sangat baik dibandingkan dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Track record yang baik ini harus dijaga termasuk oleh siswa-siswi Muhammadiyah Limau Bendi yang ingin melanjutkan pendidikan di Al-Azhar Cairo.
Pertemuan selanjutnya adalah bertemu dengan Prof. Dr. Ishom Faruq Imam, seorang ulama dan dosen ahli fonetik dan semantik sastra Arab. Prof. Ishom merupakan pribadi yang lembut dan hangat. Selama menerima romobongan Limau Bendi School, beliau tetap melayani dengan ramah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kebutuhan dan keperluan dengan beliau. Dr. Ishom menawarkan diri dan ilmunya untuk dimanfaatkan oleh civitas Limau Bendi School tanpa perlu melalui birokrasi yang sulit. Cukup hubungi beliau melalui whatsapp. Bahkan beliau minta dimasukkan kedalam grup rombongan Visit Al-Azhar Limau Bendi School.
Kemudian, pimpinan Limau Bendi School bertemu dengan Dr. Said dan Dr. Hamid yang merupakan Staf dan Direktur Administrasi Pendidikan Al-Azhar. Semua administrasi mahasiswa pasti melalui pengurusan dibawah kewenangan beliau. Beliau bertanya ada masalah apa yang dapat mereka bantu, karena biasanya orang yang datang pasti membawa masalah untuk diselesaikan dengan sigap dan cepat. Namun beliau kaget, karena rombongan datang untuk bersilaturahmi dan mendapatkan inspirasi untuk kemudahan administrasi siswa muhammadiyah yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar.
Pertemuan terakhir adalah jamuan makan sore di kediaman Syeikh Dr. Ibrohim Amin seorang ulama dan direktur Jam’iyah Wahatul Furqon yang bergerak dalam pengembangan konsep tahfiz Al-Quran dan pernah berkunjung ke Indonesia untuk membagikan ilmunya. Syeikh Ibrohim telah banyak menemukan konsep menghafal Al-Quran bagi anak-anak dari usia 3-6 tahun. Anak-anak tersebut menghafal dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak balita bimbingan beliau banyak yang menjadi juara dunia tahfiz quran. Banyak inspirasi dari Syeikh Ibrohim bagi Limau Bendi School. Insya Allah Dr. Ibrohim dengan sukarela berkunjung ke Limau Bendi School untuk membagikan ilmu-ilmu beliau.
Semua pertemuan ini tidak melalui birokrasi resmi yang kadang merepotkan dan menyusahkan.
Rasulullah saw: Siapa yang memudahkan urusan orang lain, Allah swt akan mudahkan segala urusannya.
Limau Bendi School
Committed To Excellence In Islamic Education
Cairo, 7 April 2021

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *